3 Film Hollywood Tersangkut Plagiarisme

Bukan hanya perfilman Indonesia yang seringkali dianggap terkena plagiarism, ternyata film Hollywood pun ada yang pernah tersangkut kasus ini. Padahal Hollywood sendiri merupakan industry yang besar dan populer di seluruh dunia. Mereka sudah menarik banyak perhatian lewat banyak sekali deposit slot via dana film dan banyak sekali serial. Semuanya berkesan dan sangat disenangi, bahkan ada yang sengaja menonton berkali kali untuk bisa mengalami kembali kesan menarik dari film film Hollywood.

3 Film Hollywood yang Dianggap plagiarisme

Dari sekian banyak film yang pernah dirilis oleh Hollywood, tiga film beriku adalah yang paling ikonik dan yang paling tidak disangka oleh banyak orang. Film yang pertama adalah Finding Nemo yang rilis tahun 2013. Karena film ini, penulis buku yang berasal dari Prancis yaitu Frank Ke Calvez menuntut pihak Pixar. Penulis tersebut menganggap bahwa Pixar telah mencuri idenya lalu menggunakan ide tersebut untuk membuat kartun Finding Nemo. Sayangnya setelah di bawa ke meja hijau, Pixarlah yang berhasil mendapatkan kemenangan

Penulis Franck malah mendapatkan bencana karena faktanya film finding nemo sudah terlebih dahulu dirilis oleh Hollywood dan merupakan hasil karya asli. Tetapi sang penulis malah mendapatkan denda dengan nilai yang tidak sedikit karena dianggap memiliki kesamaan dengan kartun nemo. Buku yang dia tulis memiliki tahun yang lebih muda dibandingkan dengan nemo sehingga dialah yang mendapatkan kecurigaan sebagai bentuk plagiarisme daripada Finding Nemo. Sangat disayangkan sekali sang penulis ditimpa kesialan.

Film yang kedua yang terkait dengan plagiarisme adalah film Avatar. Film ini disutradarai oleh James Cameron dan mendapatkan banyak sekali penghargaan. Film ini merupakan film Hollywood yang memiliki pendapatan yang tinggi. Tetapi ternyata Avatar juga sering kali dianggap sebagai film yang berasal dari sumber tertentu dan merupakan saduran atau kopian. Banyak sekali novel, cerpen dan lain sebagainya yang menuduh bahwa film ini telah mengambil ide dari cerita dan kisah kisah mereka, akan tetapi film in iselalu menang di pengadilan.

Film Hollywood Titanic Tersandung Plagiarisme

Film Hollywood yang lainnya yang tersandung kasus plagiarisme adalah Film Titanic. Film ini adalah film yang sangat berkesan sepanjang sejarah. Bisa jadi, film ini adalah film yang paling romantic sepanjang sejarah. Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet dengan baik mampu mendapatkan perhatian sekaligus banyak penghargaan karena film ini. Namun ternyata, tidak disangka bahwa film ini mampu tersandung kasus yang tidak menyenangkan. Di tahun 2012 yang lalu, seseorang bernama Princess Samantha Kennedy mengaku bahwa cerita itu adalah miliknya.

Dia menyatakan bahwa cerita di dalam film Titanic adalah contekan dari semua isi buku yang sudah ia buat untuk ayahnya. Akan tetapi karena tidak memiliki bukti yang sangat kuat sehingga tuntutan yang dibuat oleh Samantha dianggap tidak valid. Bahkan Samantha pun dianggap telah mencermarkan nama baik dari Hollywood sehingga membuatnya harus membayar denda dengan jumlah yang tidak sedikit. Seringkali inilah yang terjadi pada banyak kasus yang berhadapan dengan film film atau animasi Hollywood. Meskipun belum ada bukti yang nyata, bisa saja Hollywood memang memiliki tingkat plagiarisme tertentu untuk film dan animasinya. Namun itu belum mampu membuat industry ini jatuh. Bahkan film film Hollywood selalu jadi film yang paling seru, film yang membuat dada berdebar dan masih banyak genre lainnya yang akan membuat film Hollywood seakan akan tidak pernah mati perkembangannya dibandingkan dengan film dari produksi yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *