Orang Kaya Baru (2019): Film Komedi yang Kaya Makna

Film komedi seakan tak pernah habis dalam pasaran dunia perfilman Indonesia.Hal ini terbukti dari beberapa film komedi yang hadir dalam awal tahun 2019. Mulai dari Keluarga Cemara yang tampil sukses dengan komedi yang berbalut unsur-unsur keluarga, film komedi yang hadir pada awal tahun 2019 hampir mempunyai tema yang sama. Salah satunya yaitu film komedi yang berjudul Orang Kaya Baru.

Berkisah tentang kehidupan keluarga sederhana

Film garapan sutradara Ody C Harahap ini menceritakan mengenai kehidupan suatu keluarga yang sederhana dan berkecukupan. Kehidupan keluarga yang terdiri dari Bapak (LukmanSardi), Ibu (Cut Mini) dan ketiga anaknya yaitu Duta (Derby Romero), Tika (Raline Syah), dan Dodi (FatihUnru) yang terbiasa hidup dengan uang pas-pasan selama bertahun-tahun. Akan tetapi, pada suatu saat setelah Bapak meninggal, kehidupan keluarga ini menjadi berubah secara drastis.

Kehidupan keluarga ini berubah setelah meninggalnya sosok BapakĀ Bandar Judi Online yang ternyata memberikan warisan kepada mereka.Hal tersebut keluarga ini ketahui setelah datang orang dari bank ke rumah mereka untuk memperlihatkan video Bapak.Dalam video tersebut, Bapak menceritakan bahwa sebenarnya dia mempunyai banyak uang di bank yang dapat digunakan sebanyak-banyaknya oleh mereka.

Cerita yang dihadirkan dalam film ini mempunyai sudut pandang yang cenderung berbeda dari film-film biasanya yang hadir dalam perfilman Indonesia.Dari tangan Joko Anwar, cerita tersebut ditulis dengan premis yang sederhana dan berbeda.Hal ini terlihat dari kisah yang dihadirkan di mana biasanya keluarga yang meninggalkan berbagai macam utang justru dibalik menjadi meninggalkan uang yang sangat banyak.

Hal tersebut membuat kisah yang dihadirkan dalam film ini cenderung tidak terbesit dalam pikiran penonton.Sebab dalam alur filmnya, cerita tersebut ditampilkan secara menarik dengan ide yang unik, fresh dan sangat menarik.Selain itu, kisah yang ditampilkan dalam film ini berdasarkan dari pengalaman penulis naskah Joko Anwar selama kehidupan masa kecilnya di Medan.

Menampilkan Realita Kehidupan

Kehidupan keluarga dalam film tersebut ditampilkan berubah setelah mendapatkan warisan yang ditinggalkan oleh mendiang Bapak. Keluarga tersebut menjadi kaya raya dan dapat membeli barang apa saja yang mereka inginkan. Film ini menceritakan mengenai realitas kehidupan orang kaya baru atau yang kerap disingkat menjadi OKB.

Gambaran kehidupan mengenai OKB ini ditampilkan dengan jelas dari perilaku tokoh-tokoh utama dalam film ini.OKB dengan orang yang telah kaya sejak lama mempunyai perbedaan dalam tingkah laku yang mana menyebabkan OKB kerap dianggap norak dalam masyarakat sehari-hari.Realita kehidupan tersebut digambarkan dari tingkah laku Ibu, Duta, Tika dan Dodi yang menyajikan komedi bagi penonton film ini.Selain itu, seluruh adegan dan dialog para tokoh film tersebut dihadirkan dengan sangat mirip dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan penonton.

Penuh Dengan Makna

Kehidupan keluarga ini pada awalnya sangat kompak dan saling peduli dengan satu sama lainnya. Dengan segala keterbatasan yang ada, seluruh keluarga bersatu dan melakukan seluruh aktivitas mereka dengan penuh kehangatan.Akan tetapi, ketika keluarga ini menjadi kaya raya, kehangatan tersebut tergantikan dengan posisi uang yang mereka miliki yang mana dapat membeli segalanya dengan uang tersebut.

Dialog mengenai fenomena tersebut juga ditampilkan pada film yang mana merupakan dialog dari Bapak yang mengatakan bahwa uang kalau sedikit cukup, akan tetapi jika banyak kurang. Hal tersebut merupakan pesan moral yang ditampilkan dalam film Orang Kaya Baru di mana disajikan dengan nada bicara dan penyampaian yang sangat santai.Pesan tersebut memperlihatkan jika keluarga ataupun teman merupakan hal yang sangat penting yang tidak dapat digantikan dengan kehadiran uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *